SELAMAT DATANG DI "ISLAM AGAMAKU DAN AGAMAMU" KLIK BENDERA UNTUK PILIH BAHASA"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sunday 27 April 2014

TATA CARA SHALAT HAJAT


Shalat Hajat ialah shalat sunnah yang dikerjakan karena mempunyai hajat agar diperkenankan hajatnya oleh Allah. Shalat sunnah hajat dikerjakan dua raka'at, kemudian berdoa memohon sesuatu yang menjadi hajatnya.

Shalat hajat ini banyak mmacam ragam cara mengerjakannya yakni bukan syarat rukunnya tidak, hanya pada bacaan dan tertibnya berlainan cara mengerjakannya.

Pada pokoknya shalat hajat itu dilaksanakan dua raka'at sampai dengan dua belas rakaat , dengan tiap-tiap dua raka'at satu salam.

Ayat-ayatnya terserah pada yang akan melaksanakan dan diperbuat dua raka'at sehingga sampai 12 raka'at jumlahnya, dan seperti shalat-shalat yang lain.

Lafazh niatnya seperti di bawah ini :

"Ushalli sunnatal-haajati rak'ataini lillaahi ta'aalaa. Allaahu akbar."

artinya : 

"Aku niat shalat sunnah hajat dua raka'at karena Allah ta'ala. Allaahu akbar."


Doa shalat Hajat

Apabila telah seleai shalat hajat, lalu duduklah kita dengan khusyuk, lalu membaca istigfar. Dalam kitab Tujul Jamil lil Ushul :dianjurkan : Setelah seslesai shalat hajat membaca istigfar 100 kali, yakni membaca:

"Astagfirullaahal-azhiim"

Artinya :

" Aku Memohon ampunan kepada Allah Yang Maha Besar / Agung"  

Atau yang lebih lengkap bacaan istigfar sebagai berikut :

" Astaghfirullaaha rabbii min kulli dzanbin wa atubu ilaiih."

Artinya :

"Aku memohon keampunan kepada Allah Tuhanku, dari dosa-dosa dan aku bertaubat kepada-Mu."

Selesai membaca istighfar lalu membaca shalawat atas Nabi Muhammad SAW. 100 kali yaitu bacaannya:

" Allaahumma shalli 'alaa sayyidina Muhammadin shalaatar=ridhaa wardha 'an ashhaabihir-ridhar-ridhaa."

Artinya :

"Ya Allah beri karunia kesejah teraan atas junjungan kami Muhammad, kesejahteraan yang diridhai , dan diridhailah daripada sahabat sahabat sekalian."


Setelah membaca Istighfar dan shalawat Nabi Muhammad SAW maka membaca doa seperti di bawah ini :

"Laa ilaaha illallaahul-haliimul-kariim subhaanallaahi rabbil 'arsyil-'azhiim. Al-hamdu lillaahi rabbil-'aalamin as'aluka muujibaati rahmatika wa 'azaa 'ima maghfiratika wal- 'Ishmata min kulli dzanbiw wal-ghaniimata min kulli birrin was-salaamata min kulli itsmin laa ta' lii dzanban illaa ghafartahu wa laa hamman illaa farrajtahu wa laa haajatan hiya luka ridhan ilaa qadhaitahaa yaa arhamar-raahimin."

Artinya :

" Tidak ada tuhan selain Allah Yang Maha Penyantu Yang Pemurah. Tuhan pemelihara  'Arasy Yang Agung. Segala puji bagi Allah , Tuhan seluruh alam. Kepada-Mulah aku memohon sesuatu yang menyebabkan rahmat -Mu, serta memperoleh perlindungan dari segala dosa. Dan aku memohon pula untuk memperoleh keuntungan dari segala kebaikan dan selamat dari segala dosa . Janganlah Engkau biarkan doasa ( yang ada pada diriku) melainkan Engkau mengampuninya dan tiada sesuatu  kesusahan melainkan  Engkau berikan jalan keluar, dan tia pula sesuatu hajatyang Engkau ridhai melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Maha Pengasih Dan Penyayang."

Kemudian mohonlah apa yang dimaksud, sambil bersujud kepada Allah. 

Keterangan :

Shalat hajat ini laksanakanlah semalam, atau tiga malam sampai tujuh malam , tergantung penting dan urgensinya serta sulit maksud kita ini. Insyaallah hajat kita ini terkabul.

No comments: