SELAMAT DATANG DI "ISLAM AGAMAKU DAN AGAMAMU" KLIK BENDERA UNTUK PILIH BAHASA"
English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Tuesday 29 April 2014

INDAHNYA SHALAT SUBUH BERJAMA’AH


“Andai kata mereka mengetahui pahala shalat Isya’ dan shalat Shubuh niscaya mereka akan mendatanginya meskipun dengan merangkat.” (HR. Bukhari dan Muslim).



Shalat Subuh merupakan shalat wajib diantara  shalat 5 waktu dan jumlah raka’atnya juga sedikit yaitu 2 raka’at. Shalat subuh ini biasanya dikerjakan biasa sebelum terbit matahari dari timur yaitu sekitar pukul empat.
Kita sering melihat di Masjid setelah adzan shubuh berkumandang kebanyakan para jama’ah yang shalat shubuh di Masjid atau Mushollah hanya ada satu shaff dan kadang-kadang tidak penuh satu shaff. Sebagai umat Rosulullah seharusnya mengikuti apa yang di lakukan oleh Rasulullah yaitu shalat berjama’ah. Beliau sering melakasanakan shalat berjama’ah di masjid.
A.          Semangat Menjalankan Shalat Shubuh.

Kebanyakan orang justru melewatkan fadhilah shalat shubuh. Dari beberapa alasan yang saya dengar, yaitu jauhnya masjid, malas, dan lain lain. Dari alasan tersebut kita harus tahu mana yang harus kita jauhi. Karena alasan tersebut bukanlah hal yang syar’i untuk tidak shalat berjamaah. Padahal shalat shubuh itu banyak manfaatnya. Di antaranya yang dijelaskan di dalam kitab Riyadhus Shalihin yaitu, shalat shubuh itu disaksikan oleh banyak malaikat. Dan di dalam hadist juga disebutkan, bahwasannya barang siapa shalat shubuh berjamaah, seolah-olah dia shalat sepanjang malam.  
Dan setiap langkahnya pergi ke masjid maka akan dihitung pahalanya. Melangkah dengan kaki kanan maka akan menghapus dosanya dan melangkah dengan kaki kiri akan meningkatkan derajatnya.
Subhanallah,,,

B.         Meningkatkan Jama’ah Kita di Masjid .

Kita sering melihat ketika shalat kebanyakan kaum kakek-kakeh.hehehe,,,yaitu sekitar 40 tahun ke atas. Dan jumlah jamaah yang masih muda mungkin masih bisa dihitung dengan jari. Ada beberapa faktor yaitu banyaknya kegiatan-kegiatan, acara dan even-even sampai tengah malam sehingga kesiangan untuk sholat shubuh berjama’ah. Kita harus menyadari bahwa semua untuk Allah SWT ,dan untuk diri kita, keluarga kita dan sahabat-sahabat kita karena dengan melaksanakan kewajiban-kewajiban yang diperintahkan Allah SWT akan menolong kita dari siksa neraka.(Karena yang bisa menolong kita di akhirat adalah amal perbuatan kita di dunia
Mulai saat ini mari kita tingkatkan shalat wajib kita di masjid. Tidak hanya shalat shubuh saja yang harus kita shalat berjamaah. Shalat lainnya juga yaitu shalat zhuhur, ashar, magrib dan isya’.


CARA-CARA AGAR SHALAT SHUBUH BERJAMAAH :

1.     Ikhlaskan niat karena Allah SWT.
2.     Latihlah tidur seperti yang diajarkan oleh Rosulullah.
3.     Ingat keutamaan dan hikmah shubuh, tulis dan tempel di diding.
4.     Bantulah dengan alrm, bel pengingat
5.   Mengurangi makan sebelum tidur, dan di usahakan tidak memakan atau meminum yang bisa membuat kita tidak mengantuk.
6.  Meminta keluarga untuk membangunkan kalau tidak ada, mungkin teman atau tetangga terdekat.
7.     Mengajak orang untuk sholat shubuh berjamaah di masjid, mulailah dari keluarga,




Semoga Artikel ini bermanfaat bagi anda, atas kesediannya membaca say ucapkan terimakasih banyak.

Wassalamualaikum Wr Wb.


No comments: